KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Di kesempatan ini saya akan mencoba mengajak anda mengenal lebih jauh tentang kurikulum pada pendidikan. Pendidikan merupakan kegiatan untuk membantu perkembangan peserta didik mencapai tujuan-tujuan pendidikan. kegiatan pendidikan berintikan interaksi antar peserta dengan pendidik dan sumber-sumber pendidikan lain, dan langsung dalam suatu lingkungan pendidikan. 
Kurikulum dapat dilihat dalam tiga dimensi yaitu sebagai ilmu, sebagai sistem dan sebagai rencana. sebagai rencana kurikulum disebut juga kurikulum tertulis. oleh karena itu kurikulum mempunyai makna luas, yaitu sebagai semua rancangan pendidikan siswa, dan semua pengalaman belajar yang diperoleh siswa berkat arahan dan bimbingan dari sekolah. dalam hal ini kurikulum juga meliputi kegiatan ko-dan extra kurikuler, sebagai rencana, pelaksanaan, evaluasi dan penyempurnaan asalkan diarahkan dan dipertanggungjawabkan oleh sekolah.
Banyak model kurikulum di dalam khazanah bidang ilmu kurikulum, secara koseptual dibedakan empat macam model kurikulum, yaitu Model Subyek Akademik, Teknologis atau Kompetensi, Humanistik dan Rekonstruksi Sosial.
Di bawah ini penjabaran tentang empat model kurikulum di atas :
  • Kurikulum Subyek Akademik. Kurikulum ini disebut juga Kurikulum berbasis Ilmu, menekankan pada isi atau materi kurikulum berupa ilmu dan pengetahuan yang berasal dari disiplin-disiplin ilmu. seperti : Matematika, Biologi, Fisika, dll.
  • Kurikulum teknologis. Kurikulum ini juga menekankan pada isi tetapi isinya tidak diambil atau bukan menunjukkan disiplin ilmu tetapi berupa kompetensi, kecakapan atau keterampilan. 
  • Kurikulum Humanistik. Kurikulum ini menekankan pengembangan kepribadian siswa secara utuh dan seimbang, antara perkembangan segi intelektual, afektif dan psikomotor. 
  • Kurikulum Rekonstruksi Sosial. Model ini menekankan pemecahan masalah-masalah sosial yang secara nyata dihadapi masyarakat. Menurut kurikulum ini pendidikan bukan persiapan ke arah kehidupan tetapi kehidupan itu sendiri. para peserta didik belajar secara langsung hal-hal atau masalah-masalah yang dihadapi di masyarakat. model kurikulum ini menekankan pembelajaran kooperatif dalam berbagai kegiatan kelompok.
LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM.
Pengembangan kurikulum dapat dilakukan atas dasar :
  • Landasan Agama,
  • Landasan Filosofis,
  • Landasan Psikologis,
  • Landasan Sosial Budaya, dan.
  • Landasan Ilmu dan Teknologi
PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM.
Agar kurikulum ini dapat menjadi pedoman bagi pengembangan para peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat dan peserta didik itu sendiri maka ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pengembangannya. prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berkenaan dengan relevansi, fleksibilitas, efisiensi dan efektifitas. desain kurikulum merupakan pengorganisasian dari komponen-komponen utama kurikulum, yaitu tujuan, isi, proses dan evaluasi.


    subscribe

    Subscribe

    Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

    oketrik

    0 komentar to KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN :

    Poskan Komentar

    Iklan Baris

     
    Nana Maulana Design by Trick and Tips Powered by Blogger