Timeline Sejarah Kebudayaan Islam II

.:: TAHUN KEENAM HIJRIAH ::.

  • Terjadi Perang Banu Lahyan karena pengkhianatan mereka tetapi tidak sampai pertempuran. 
  • Terjadi peperangan Ghabah, yang menimbulkan pertempuran yang dahsyat. 
  • Terjadi pula perang Hudaibiah. Rasulullah berangkat dengan 1.500 orang sahabatnya untuk beribadah haji dengan tidak membawa senjata setiba disana lalu orang-orang Quraisy menghalang-halanginya. oleh karena itu Rasulullah mengutus Utsman untuk memberitahukan maksud kedatangan beliau. maka orang-orang Quraisy lalu menawannya hingga tersiar di kalangan orang-orang islam, bahwa Utsman terbunuh, kemudian Rasulullah bersama-sama sahabatnya bersumpah di bawah phon Ridwan bawa mereka tidak akan mundur dari pertempuran setelah orang-orang Quraisy mendengar hal itu lalu mereka mengadakan perundingan damai dengan merumuskan perjanjian-perjanjian seperti dalam 10 tahun diadakan genjatan senjata dan menentramkan orang-orang. maka Rasulullah kembali dengan beberapa sahabatnya dari Hudaibiah. di tengah perang itu turunlah Surah Al-Fatah maka gembiralah orang-orang islam. sesudah perjanjian itu, mudahlah bagi orang-orang islam untuk keluar masuk kota Mekkah, dengan demikian bertambahlah pengaruh Rasulullah di sana. setelah itu beliau mengirimkan beberapa pucuk surat kepada aja-raja di sekitar negeri Arab dengan maksud untuk mengajak masuk islam. diantara raja-raja itu ada yang menerimanya dengan baik kemudian masuk islam dan ada juga yang menolaknya.
.:: TAHUN KETUJUH HIJRIAH ::.

  • Terjadi Perang Khaibar. Rasulullah mengepung negeri itu selam 6 hari. setelah itu beliau menyerahkan bendera dan pimpinan peperangan kepada Sayyidina Ali kemudian Khaibar dibebaskan.
  • Kaum Yahudi Fadak mengadakan perjanjian damai untuk menghindari pertumpahan darah dan melindungi harta benda mereka.
  • Kaum Yahudi Taima' dengan Ikhlas dan sukarela membayar pajak pada pemerintahan islam hingga mereka merasakan keamanan dalam negerinya.
  • Terjadi Perang Wadil Qura' dan sahabat Muhajiri yang dahulu hijrah ke Habsyi kembali.
  • Rasulullah pergi ke Makkah dengan beberapa sahabatnya untuk beribadah Umrah, menurut perjanjian Hudaibiah. tiba-tiba orang-orang Quraisy Makkah keluar dari negerinya karena tidak suka melihat Rasulullah berthawaf dalam Baitul Haram. Tiga hari sesudah di Makkah Rasulullah kembali ke Madinah.
  • Rasulullah Menikah dengan Shafiyyah, setelah penaklukan Khaibar, lalu Menikah dengan Maimunah di Makkah.
  • Tiga Orang Jenderal Quraisy masuk Islam mereka yaitu ; 
      • Khalid bin Walid
      • 'Amr bin 'Ash, dan 
      • Abi Thalhah.
 .:: TAHUN KEDELAPAN HIJRIAH ::.

  • Terjadi Perang Mu'tah, diantara pahlawan islam yang tewas dalam peperangan itu ialah para panglima yakni ; Zaid bin Haritsah, Ja'far bin Abu Thalib, dan Abdullah bin Rawahah. setelah bendera perang dan pemimpin tentara itu dipegang oleh Khalid bin Walid makin dahsyatlah pertempuran dengan rang-orang Roma itu. karena kebijaksanaannya dalam siasat perang ia dapat meloloskan tentara islam dari kepngan musuh yang jauh lebih kuat dan lebih besar jumlahnya itu.
  • Terjadi penaklukan Kota Makkah karena kaum Qraisy melanggar syarat perjanjian Hudaibiah, Rasulullah menyerbu ke sana dengan balatentara sebesar 10.000 orang. Seorang penyelidik Quraisy yaitu Abu Sufyan ditemukan oleh tentara islam di tengah jalan lalu ditawannya dan kemudian masuk islam, Rasulullah bertemu dengan pamannya 'Abbas yang telah meninggalkan Makkah untuk memeluk agama Islam lalu bersama-sama beliau ia kembali ke Makkah. beliau juga bertemu dengan Abu Sufyan bin Harits dan 'Abdullah bin Umayyah yang karena keinsafannya sendiri keduanya pun masuk islam. kemudian Rasulullah masuk Makkah dari sebelah utara sedangkan Khalid bin Walid memasuki Makkah dari sebelah selatan dan terpaksa ia menyerang dan memukul mundur kaum Quraisy yang hendak menghalang-halagi masuk Makkah.
  • Rasulullah memberi pengampunan kepada kaum Quraisy yang dulu pernah memusuhi serta mengusir beliau. ketika di Makkah itu beliau merobohkan beberapa berhala yang berdiri tegak berderet-deret di sekitar Ka'bah. sesudah itu banyaklah orang lelaki dan perempuan yang berjanji dan bersumpah di hadapan beliau. diantara orang-orang yang masuk islam pada hari pembebasan Makkah itu yang utama ialah Abu Quhafah (Ayah Abu Bakar Ash-Shidiq) dan Mu'awiyah bin Abu Sufyan.
  • Terjadi peperangan Hunain dan Thaif. Rasulullah berangkat ke Hunai dengan balatentara sebanyak 20.000 orang untuk menggempur kabilah Tsaqif dan Hawazin akibat serangan musuh yang tiba-tiba dan terencana maka tentara islam banyak yang mundur (karena membanggakan kebesaran jumlah dan kekuatan mereka sehingga lengah atas kekuatan musuh). hanya beliau dan beberapa sahabat yang masih tetap mempertahankan dalam tempat kedudukan itu. akan tetapi demi mendengar komando maju maka semua tentara yang mengundurkan diri tadi segera maju serentak sehingga orang-orang islam mendapat kemenangan yang gemilang. dari pihak musuh yang terbunuh lebih 70 orang. dan banyak pula yang tertawan beserta keluarganya, harta benda mereka pun banyak yang dirampas. sis-sislah sisa musuh yang berlindng dan bertahan di Thaif itu, karena tentara islam terus mengejar dan mengepung benteng mereka selama 18 hari. dalam perang itu tentara islam yang tewas ada 12 orang sesudah selesai berperang itu beliau pergi menuju Ji'ranah, ketika beliau sedang istirahat disana datanglah kepada beliau dari kabilah Hawazin dan menyerah. penyerahan mereka itu disambut oleh beliau dengan mengembalikan dan membebaskan beberapa tawanan. adapun harta benda-benda mereka tetap jadi rampasan. dari Ji'ranah beliau lalu beribadah umrah lalu masuk negeri Makkah, dan pada malamnya kembali ke Madinah.
.:: TAHUN KESEMBILAN HIJRIAH ::.

  • Terjadi perang Tabuk tetapi tidak sampai terjadi pertempuran. Rasullullah berangkat dengan 30.000 orang Jaisyul 'usrah untuk memerangi tentara Rum, untuk itu para dermawan islam menyokong dengan harta-bendanya ketika itu datanglah menghadap beliau orang-orang yang banyak alasan dan orang-orang dari golongan Munafiq untuk meminta izin tidak ikut berperang beliaupun mengijinkan pula. maka Allah mencela kepada golongan munafiq yang meminta izin dan membuat-buat alasan itu. di tabuk datanglah gubernurAilah beserta pengikutnya kepada beliau untuk mengadakan perdamaian setelah itu beliau kembali ke Madinah. di tengah-tengah perjalanan pulang beliau menyuruhkan Masjid Dhirar yang didirikan oleh golongan Munafiq Madinah, setelah itu beliau sampai di Madinah datanglah utusan dari Tsaqif menghadap beliau.
  • Abdullah bin Ubai (pemimpin Kaum Munafiq) meninggal dunia.
  • Meninggalnya putri Rasulullah SAW yang bernama Ummu Kultsum.
  • Kaum Muslimin melaksanakan Ibadah haji ke Makkah dipimpin oleh Abu Bakar Shidiq.
 .:: TAHUN KESEPULUH HIJRIAH ::.

  • Rasulullah mengutus Ali bin Abi Thalib ke kabilah Yaman, setelah berangkat beliau berpesan kepadanya agar jangan sampai memerangi mereka sebelum mereka itu memeranginya. akan tetapi  karena mereka memerangi orang-orang Islam maka terpaksa orang-orang islam memerangi mereka sehingga mereka mundur dan melarikan diri. kemudian Ali mengajak mereka sekali lagi untuk masuk islam lalu mereka pun masuk islam.
  • Rasulullah mengutus Mu'adz bin Jabal untuk pergi ke dataran tinggi Yaman dan Abu Musa Asy'ari ke dataran rendahnya kepada keduanya beliau berpesan "Mudahkanlah mereka itu nanti dan Janganlah mempersulit."
  • telah banyak utusan-utusan orang Arab dan orang-orang masuk islam.
  • Rasulullah SAW melaksanakan Haji Wada' (haji Perpisahan), pada waktu itu beliau berkhutbah yang terkenal dengan nama Khutbah 'Arafah yaitu Khutbah pada Hari 'Arafah. diantara isi khutbah itu banyak memberi pelajaran pada manusia tentang pokok-pokok agama islam dan cabang-cabangnya.
  • Putra Rasulullah SAW yang bernama Ibrahim meninggal Dunia.
.:: TAHUN KESEBELAS HIJRIAH ::.

  • Rasulullah SAW menyiapkan tentara yang dikepalai oleh Usamah bin Zaid dan beliau menyuruhnya agar berangkat ke Ubna. akan tetapi sebelum tentara itu berangkat beliau telah mulai sakit hingga tentara itu tidak jadi berangkat. di tengah-tengah sakit beliau meminta izin kepada istri-istrinya agar beliau dirawat di rumah 'Aisyah. mereka mengizinkannya ketika sakitnya itu terasa parah beliau menyuruh Abu Bakar agar ia shalat dengan umat islam lainnya sebagai imam. orang-orang Anshar mendengar beliau sakit itu ikut berduka cita lalu berkumpul di masjid. karena berkumpulnya mereka itu, beliau kemudian keluar ke tempat mereka dengan berjalan merangkul Ali dan Fadhal. setelah di masjid, beliau duduk di tangga mimbar yang terbawah sambil berkhutbah kepada mereka. kemudian pada hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awal beliau Wafat. sebelum dimakamkan jenazah beliau menetap di rumahnya sampai malam Rabu, sehingga orang-orang islam selesai memilih khalifah sebagai pengganti beliau. setelah selesai kemudian beliau dimandikan dan kemudian dikafani dengan tiga lapis kain baju. kemudian orang-orang islam menyalatkannya dengan teratur. sesudah semuanya selesai beliau dimakamkan di rumah 'Aisyah.
baca juga detik meninggalnya Nabi Muhammad SAW. di sini..
demikian rangkuman sejarah yang bisa penulis posting, semoga bermanfaat. Amiin.
          subscribe

          Subscribe

          Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

          oketrik

          0 komentar to Timeline Sejarah Kebudayaan Islam II :

          Posting Komentar

          Iklan Baris

           
          Nana Maulana Design by Trick and Tips Powered by Blogger