Penduduk Kabupaten Bogor Melebihi Penduduk Provinsi

BOGOR (Pos Kota) – Hasil sensus penduduk 2010 lalu, jumlah penduduk Kabupaten Bogor mencapai 4,7 juta jiwa. Angka ini cukup fantastis untuk ukuran sebuah kabupaten, bahkan melebihi sejumlah provinsi, seperti Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Jambi.
Mengatasi ledakan penduduk itu, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor menggeber Kampung Keluarga Berencana (KB). “Lewat kampung ini kita mendorong kesadaran warga ikut program KB sehingga laju pertumbuha penduduk dapat ditekan,” ujar Iman Rakiman, Sekretaris BPPKB Kabupaten Bogor, Jumat.
Hingga kini, lanjutnya dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, 11 diantaranya memiliki Kampung KB. Ke-11 keca­matan itu; Bojonggede, Dramaga, Leuwiliang, Ciampea, Ciawi, Cisarua, Cariu, Citeureup, Cigombong, Cijeruk, dan Caringin. “Ke depan kita targetkan, setiap kecamatan punya satu kampung KB sehingga mendorong warga desa di sekitarnya untuk meningkatkan kesadaran ikut KB,” paparnya.
Sedangkan syarat yang harsu dipenuhi untuk menjadi sebuah Kampung KB, lanjutnya, terdapat beberpa indikator yang harus dipenuhi serta struktur kelembagaan yang mendukung. “Seperti pengguna KB di atas rata-rata, DO (drop out-red.) rendah, dan usia kawin pertama wanitanya rendah,” jelasnya.
Camat Dramaga, Arom Rusmandar menjelaskan, di kecamatannya baru ada satu Kampung KB, yang terletak di Desa Cikarawang. Hingga kini, tercatat 76 persen dari pasangan usia subur (PUS) menjadi aksep­tor KB di Desa Cikarawang. “Jumlah PUS yang menjadi akseptor sudah di atas rata-rata di banding yang lain,” katanya. Kampung KB ini dilengkapi dengan sejumlah program. Diantaranya, Posyandu, Bina Keluar­ga Balita (BKB), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Remaja (BKR).

Sumber: Pos Kota Online - Jum'at, 01 April 2011 dan http://ahmadheryawan.com/lintas-kabupaten-kota/bodebekjur/kabupaten-bogor/1343-hasil-sensus-penduduk-kab-bogor-47-juta-jiwa
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to Penduduk Kabupaten Bogor Melebihi Penduduk Provinsi :

Poskan Komentar

Iklan Baris

 
Nana Maulana Design by Trick and Tips Powered by Blogger