Daftar NISN Baru Hanya 1 Menit
Untuk mendukung kelancaran pendataan NISN, sekolah perlu segera mendaftarkan operator NISN bagi sekolahnya. Dengan memiliki operator NISN maka sekolah akan memperoleh banyak kemudahan-kemudahan:
- Mengelola sendiri NISN sekolah
- Mengedit data sekolah, PTK, dan siswa
- Mengeluarkan surat validasi mutasi siswa
- Operator NISN boleh lebih dari satu
- Daftar NISN baru hanya dalam hitungan detik
Kemudahan lain dengan memiliki operator NISN adalah berkaitan dengan mutasi siswa. Bila ada siswa mutasi masuk dan belum punya NISN bukan masalah karena mendaftar NISN baru dalam hitungan detik sudah jadi. Sebaliknya, bila ada siswa mutasi keluar, sekolah tinggal memproses dari sekolah dan terbit “validasi mutasi keluar siswa” dan siswa tidak perlu ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk minta surat “validasi”.
Cara Mendaftar Operator NISN Sekolah
Pendaftaran akun dapodik sebagai operator NISN sekolah hanya dilakukan secara online. Oleh karena itu, sebelum mulai mendaftar, perlu mempersipkan data-data yang diperlukan sesuai dengan formulir pengajuan user. Selain data diri yang sudah ada secara kelembagaan/kedinasan, data tambahan yang harus ada adalah: email sekolah, nomor telepon sekolah, email kepala sekolah, email admin pengelola NISN sekolah.
Secara sederhana, langkah pengajuan user operator NISN sbb:
- Melakukan pengajuan akun.
- Mengisi formulir Entri Data Pengajuan User
- Mengunduh dan Mengirim Surat Pengajuan User
- Mengunduh Surat Tanda Bukti Persetujuan Pengajuan User
- Mengelola NISN
Penjelasan Langkah Pengajuan Operator NISN
Langkah 1: Melakukan pengajuan akun
- Buka alamat http://nisn.dapodik.org/ajuan.php
- Masukkan NPSN dan tulis kode verifikasi yang ada, kemudian klik ”Cari” (hasilnya, terbuka formulir entri data pengajuan user).
Langkah 2: Mengisi formulir Entri Data Pengajuan User( data yang bergaris bawah wajib diisi)
Pada langkah ini, mengisi formulir sesuai isian. Formulir ini terdiri dari tiga bagian pokok:
Data Sekolah: NPSN, Nama Sekolah, Jenjang, Status, Alamat, Nomor Telepon, Nomor Fax, Email, dan Web Site.
Data Kepala Sekolah: Nama Kepsek, Nomor Pegawai (NIP/NUPTK), Jenis Kelamin, Tahun mulai menjabat, Email.
Data Admin Sekolah(Penanggtungjawab Teknis): Nama lengkap, Nomor Pegawai (NIP/NUPTK), Jabatan sekolah, Jenis Kelamin, Alamat rumah, Nomor telepon, Nomor hp, Email.
Bila pengisian formulir sudah selesai, kemudian klik ”konfirmasi” sebagai pengiriman permaohonan pengajuan user.
Langkah 3: Mengunduh dan Mengirim Surat Pengajuan User
Buka email sekolah atau email admin sekolah untuk mengunduh surat pengajuan user.
- Unduh surat pengajuan user
- Cetak surat pengajuan user
- Bubuhi tada tangan kepala sekolah dan stempel sekolah
- Pindai/scan surat pengajuan user yang sudah ditandatangani dan distempel itu
- Kirim file hasil scan surat pengajuan user ke admindapodik@jardiknas.org
- ( Tunggu sekitar 2-3 hari dengan cek email untuk melihat ” Surat Tanda Bukti Persetujuan Pengajuan User” dari Dapodik)
Langkah 4: Mengunduh Surat Tanda Bukti Persetujuan Pengajuan User
Bila surat tanda bukti ini sudah diterima, artinya pengajuan user sudah resmi diterima dan mulai memiliki hak mengelola NISN.
Surat tanda bukti ini memuat keterangan nomor User ID dan Password (yang diperlukan untuk login ke dapodik).
Langkah 5: Mengelola NISN
Untuk mulai mengelola NISN, login dulu ke http://operator.dapodik.org, kemudian masukkan user ID dan password.
Selamat mendaftar dan mengelola NISN semoga tugas menjadi lebih mudah.
1 komentar:
situs NISN gak bisa dibuka, pusing
Posting Komentar